FREE DOWNLOAD PICTURE
MORE INFO ABOUT WALLPAPER
Friday, December 4, 2009

MEMBANGUN KEPRIBADIAN MELALUI 'INTERNAL SHIFT CONTROL'

    Barangsiapa bersyukur kepadaKu maka akan Aku tambah nikmatnya, Dan barangsiapa ingkar maka sesungguhnya adzabku sangat pedih (QS. Ibrahim : 7 )

    Kompetisi dalam meraih sebuah cita-cita seringkali diwarnai dengan adanya persaingan yang sungguh ketat. Hal ini terjadi hampir di semua moment penting. Seorang siswa lulusan SMA pada tahun pelajaran 2008/2009 yang hendak mengambil jurusan kedokteran UGM dia harus bersaing dengan sekitar 120 siswa. Karena dari sejumlah hampir 12.000 pendaftar hanya tersedia kursi sebanyak 100 kursi. Bahkan untuk menjadi guru saja yang pada awalnya oleh sebagian masyarakat profesi guru dianggap sebagai sebuah pekerjaan yang kurang menjanjikan, namun dewasa ini menjadi sebuah ajang kompetisi yang cukup ketat..

    Hampir semua orang mengakui dahsyatnya sebuah upaya spiritual dalam rangka mewujudkan cita-citanya. Sebuah energi tanpa batas mereka hadirkan ke dalam relung hati seseorang. Energi tanpa batas mereka hadirkan melalui rangkaian doa dan usaha maksimal dengan keyakinan penuh.

    Banyak orang dan barangkali termasuk diri Anda sudah bisa merasakan jawaban dari Tuhan atas upaya dan doa yang telah mereka lakukan. Jawaban dari Tuhan yang dimaksud adalah terkabulnya cita-cita yang didambakannya.

    Ada dua keuntungan yang bisa diambil dari serangkaian upaya spiritual pasca dikabulkannya doa. Pertama, perasaan puji syukur kepada Tuhan atas anugerah yang telah Dia berikan yang tentunya sangat berharga bagi kehidupan jangka panjang. Kedua, semakin menebalnya keyakinan akan keberadaan Tuhan dengan sifat-sifatNya. Dua diantara 99 sifat Tuhan YME (Asmaul Khusna) adalah Ar-rahman dan Ar-rahim (Maha Pengasih dan Maha Penyayang).

    Efek dari terkabulnya suatu doa sangat mungkin akan berimbas pada semakin tebalnya keimanan seseorang. Tak dapat dipungkiri bahwa tidak ada kekuatan hakiki yang bisa manusia dapatkan kecuali yang datangnya dari Tuhan. Kalaupun ada, itu hanya bersiafat semu. Sehingga ketika Anda berhasil menggabungkan antara usaha dengan doa secara integrated maka perpaduan antara kedua unsur tersebut akan membentuk sebuah kekuatan super mind. Dengan super mind (pikiran super) manusia bisa melakukan apapun sesuai dengan positive thinking (pikiran positif), seperti keinginan kita, meraih cita-cita kita, menjadi lebih baik dan lebih bahagia (Wuryanano : 2006).

    Yang menjadi bahan renungan selanjutnya adalah “Sudahkah kita menyadari bahwa kondisi nyaman berupa nikmatnya iman akan senantiasa berjalan mulus bahkan meningkat?”. Sudah bisakah kita mempertahankan kedekatan dengan Tuhan sebagaimana yang sudah kita bangun selama ini? Realita yang kita jumpai dalam kehidupan ini tidaklah demikian adanya. Stabilitas keimanan seseorang seringkali digoncang oleh berbagai cobaan, ujian atau iming-iming.

    Banyak orang gagal mempertahankan stabilitas keimanan pasca tercapaianya keinginan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Satu diantara faktor yang paling populer dan sering menghiasi mas media adalah korupsi. Tentunya Anda dan saya tidak menginginkan hal ini terjadi pada diri ini. Jalinan cinta kasih dengan Sang Khalik jangan sampai pudar diterpa oleh hembusan negative thinking (pikiran negative). Bukankah kita tidak mau dijauhi oleh Tuhan?. Ingat syair lagu Tuhan milik Bimbo “aku jauh Engkau jauh, Aku dekat Engaku dekat. Hati adalah cermin, tempat pahala dan dosa berpadu”.

    Secara implisit, Erbe Sentanu dalam bukunya “Quantum Ikhlas” mengingatkan kepada kita akan adanya pergeseran posisi pandang di dalam diri seseorang (internal shift) terkait dengan kondisi keimanan seseorang. Kondisi keimanan seseorang ataupun siapapun orangnya dalam perjalanannya akan mengalami pergeseran. Dalam bahasa yang lebih ekstrim dapat dikatakan bahwa kondisi keimanan seseorang akan mengalami pasang surut bak air laut.

    Sebagai orang bijak tentunya Anda minimal akan mempertahankan posisi seperti pada saat Anda berdoa untuk memohon agar cita-citanya tercapai. Bahkan lebih beruntung lagi jika internal shif Anda meningkat. Jika hal ini terjadi berarti Anda telah berhasil membangun sebuah kepribadian yang baik. Kepribadian yang baik diawali dari prinsip yang kuat. Andapun akan menjadi manusia yang kuat. (Amin ya Rabbal’alamiin)

    Profil Penulis
    Nama : SUPANDI
    Tempat/Tgl lahir : Cilacap, 10 Agustus 1965
    Alamat : Puri Mujur 163 Kroya – Cilacap – Jawa Tengah
    Pekerjaan : Guru pada SMP Negeri 2 Binangun
    Riwayat Pendidikan : SMA 1 Cilacap lulus 1986, Diploma 2 Bahasa Inggris IKIP Semarang 1988, S1 Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo 2002, S2 MM Unsoed Purwokerto 2007
    Riwayat Pekerjaan : Menjadi guru honorer di sebuah sekolah swasta di kec. Maos – Cilacap selama 3 tahun (1990 – 1993). Tahun 1993 diangkat menjadi PNS sebagai guru di SMP Negeri 2 Binangun – Cilacap sampai saat ini. Tahun 2006 s.d 2009 dipercaya menjadi guru inti (Instruktur guru Bahasa Inggris SMP) tingkat kabupaten Cilacap.
    Motto Hidup : Lakukan perubahan
    Phone : (0282) 494921,
    HP. : 081391274742,
    e-mail : supandi_mm@yahoo.com

    Source URL: http://pokbongkoh.blogspot.com/2009/12/barangsiapa-bersyukur-kepadaku-maka.html
    Visit Godo Bolet for Daily Updated Hairstyles Collection

0 comments:

Post a Comment