FREE DOWNLOAD PICTURE
MORE INFO ABOUT WALLPAPER
Thursday, December 16, 2010

Menyatukan Hukum dengan Keadilan

    Menyatukan Hukum dengan Keadilan

    Medan (Tirai Kehidupan)

    Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Sarjana Hukum Indonesia (ISHI) Sumatera Utara akan mengadakan rapat kerja besok, Sabtu, (18/12) di Wisma Benteng Medan.

    Ketua Panitia Rapat Kerja Syahruzal Yusuf, SH, Kamis (16/12) menjelaskan, rapat kerja ditujukan untuk merumuskan program kerja-program kerja yang akan diusung oleh DPD ISHI Sumut Periode 2010-2013. Rapat kerja direncanakan akan dihadiri oleh seluruh pengurus DPD ISHI Sumut yang diperkirakan berjumlah lebih kurang 150 orang Sarjana Hukum yang berasal dari berbagai profesi hukum, birokrat dan dunia usaha.

    Dijelaskannya, tema "Menyatukan Hukum dengan Keadilan" ini dipandang sangat relevan dengan visi, misi, dan tujuan dididirikannya ISHI dan aktual dengan kondisi sistim hukum di Indonesia dewasa ini. Tema ini dilatarbelakangi oleh kondisi sistem hukum Indonesia, baik dalam tataran substansi, struktur dan kultural, yang masih memprihatinkan.

    Menurut Syahruzal, DPD ISHI Sumut tidak saja menaruh perhatian terhadap lemahnya kepastian hukum tetapi juga aspek keadilan dalam substansi dan penegakannya. DPD ISHI Sumut mendorong penegakan hukum yang tidak saja tajam ke bawah tetapi juga tajam ke atas.

    Program kerja yang akan dirumuskan oleh DPD ISHI Sumut katanya, akan diderivasikan dari visi, misi dan tujuan keberadaan ISHI, disesuaikan dengan konteks lokal di Sumatera Utara. Sebagai organisasi para sarjana hukum, visi yang dikedepankan ISHI adalah mendukung terciptanya tata kehidupan hukum yang lebih baik.

    Visi

    Visi inilah menurutnya, yang akan diwujudkan dalam tataran operasional oleh rencana kerja yang akan disusun. Pada prinsipnya program kerja DPD ISHI Sumut akan diarahkan pada implementasi enam misi nasional ISHI yaitu, mengupayakan peningkatan kemampuan intelektual sarjana hukum di Indonesia. Berperan aktif dalam pembangunan, pengawasan dan penegakan hukum. Mengupayakan kerjasama dengan seluruh profesi hukum dan lintas profesi

    Kemudian mengupayakan kerjasama dengan instansi pemeritah dan non pemerintah. Mengupayakan peningkatan pengetahuan dan perlindungan hukum bagi masyarakat. Menciptakan Standarnisasi Sarjana Hukum di Indonesia.

    Terselenggaranya program kerja-program kerja ISHI Sumut akan berperan penting dalam tatanan kehidupan hukum yang lebih baik di Sumatera Utara. ISHI di Sumatera Utara tidak saja sebagai wadah silaturahmi para sarjana hukum, tetapi juga akan memainkan peran sebagai lembaga kajian dan peneltian hukum dan peran sosial kontrol terhadap sistem hukum, khususnya di Sumatera Utara.

    Menurutnya, peran ISHI juga akan sangat strategis mengingat anggota-anggota dan para pengurus ISHI tersebar dalam sejumlah profesi dan posisi strategis di Sumatera Utara. Dengan demikian diharapkan kontribusi pemikiran dan fungsi sosial kontrol yang dijalankan oleh ISHI di Sumatera Utara khususnya terhadap pembentukan dan penegakan hukum diharapkan akan lebih efektif.

    Kuliah umum dan diskusi

    Rapat Kerja ini akan diisi kuliah umum tentang Privatisasi BUMN oleh Deputi Menteri BUMN Bidang Restrukturisasi Perusahaan Pandu Djayantho.

    Rapat kerja DPD ISHI Sumut juga akan diisi oleh diskusi publik mengenai "Perampasan Harta Hasil Kejahatan dalam Perspektif Rezim Money Laundering" yang menghadirkan para panelis dari kalangan akademisi dan praktisi hukum. (rrs)


    sumber:http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=79320:menyatukan-hukum-dengan-keadilan&catid=31:umum&Itemid=30

    Source URL: http://pokbongkoh.blogspot.com/2010/12/menyatukan-hukum-dengan-keadilan-medan.html
    Visit Godo Bolet for Daily Updated Hairstyles Collection

0 comments:

Post a Comment